Stadartisasi Kemasan UKM
Tentunya kita sering kemini market-mini market di sekitar kita, umumnya lebih dari 90% adalah produk-produk perusahaan-perusahan besar skala nasional dan multinasional, bahkan tidak sedikit juga produk Import. Semua tertata rapi di rak-rak yang strategis, kemasan yang bagus yang ditopang dengan desain unik dan menarik, seakan menjadi sihir tersendiri bagi konsumen untuk sekedar mengambil, memperhatikan/ membaca dan jika beruntung akan dimasukkan kedalam keranjang belanjaan.
Lain perusahaan besar/ multinasional, lain juga UKM kita. Umumnya, urusan kemasan UKM tergantung sekali dengan penyedia kemasan. Jika kemasannya adalah kemasan yang sudah banyak beredar dan banyak dijual di toko-toko, maka hal itu menjadi tidak masalah bagi UKM. Namun jika penyedia tidak banyak, mis : kemasan Aluminium foil. maka UKM tergantung sekali pada penyedia kemasan.
Banyak penyedia kemasan skala UKM (dalam hal ini alufoil) yang hanya membuat kemasan dengan ukuran “semau GUE”. artinya penyedia kemasan tersebut membuat kemasan sesuai dengan material yang tersedia dan ukurannya berubah-ubah sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan, ditambah lagi dengan ketebalan kemasan yang selalu berubah-ubah, dan masih ada lagi yaitu warna yang tidak standart dan berubah-ubah.
Memang….. kemasan yang : Ukurannya “semau Gue”, Ketebalannya “bukan urusan saya” dan warnanya selalu berubah-ubah memiliki 1 (satu) keunggulan, yaitu harganya cenderung MURAH dibawah harga dasar kemasan itu sendiri. namun jika menjadi pilihan UKM, maka siap-siap produk kita di-MUSEUM-kan.
sebab :
1.kita patut bertanya, bagaimana bisa menjual dibawah harga dasar.
2.ukuran kemasan yang tidak standart (beda-beda) membuat pembeli ragu ??? ada apa dengan kemasannya.
3.warna kemasan yang sering berubah-ubah membuat pelanggan juga bertanya-tanya, mengapa warna kemasan (bukan label) kok bisa beda-beda??? apakah ini palsu,dll.
4.tiap-tiap jenis material memiliki fungsi dan manfaat berbeda, sehingga kualitas akan beda jika menggunakan kemasan yang tidak menentu.
5.dan masih banyak lagi.
sebab :
1.kita patut bertanya, bagaimana bisa menjual dibawah harga dasar.
2.ukuran kemasan yang tidak standart (beda-beda) membuat pembeli ragu ??? ada apa dengan kemasannya.
3.warna kemasan yang sering berubah-ubah membuat pelanggan juga bertanya-tanya, mengapa warna kemasan (bukan label) kok bisa beda-beda??? apakah ini palsu,dll.
4.tiap-tiap jenis material memiliki fungsi dan manfaat berbeda, sehingga kualitas akan beda jika menggunakan kemasan yang tidak menentu.
5.dan masih banyak lagi.
Sumber : www.kemasan.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar